Thursday, September 2, 2010

Operation System (OS) dalam Ponsel

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu,

Seperti halnya system operasi pada komputer, sistem operasi ponsel adalahsoftware utama yang melakukan menejemen dan kontrol terhadap hardwaresecara langsung serta menejemen dan mengotrol software-soft lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja. Sehingga suatu system operasi ponsel (mobile operating system) akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, skedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya. Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan system operasi dalam produknya baik pada PDA, Smartphone maupun handphone. Perkembangan aplikasi atau game selular (mobile content)sangat cepat, perusahaan pembuat mobile Operating System (OS) telah berlomba untuk memasarkan produk-produk mereka dengan menciptakan fungsi-fungsi dan teknologi yang kian hari kian memanjakan pengguna smartphone (selular yang ber-OS) dari segi entertainment dan fungsionalitas penggunaan selular untuk memudahkan tugas sehari-hari. Selain berfungsi untuk mengkontrol sumber daya hardware dan software ponsel seperti keypad, layar, phonebook, baterai, dan koneksi ke jaringan, sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten. Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih. Keunggulan lain dari ponsel yang ber-OS adalah memiliki kebebeasan lebih untuk men-download berbagai aplikasi tambahan yang tidak disediakan oleh vendor ponsel Sistem operasi-sistem operasi tersebut diantaranya adalah :

  1. Sistem Operasi Symbian
  2. Sistem Operasi Windows Mobile.
  3. Sistem Operasi iPhone (MAC)
  4. Sistem Operasi Mobile Linux.
  5. Sistem Operasi Blackberry (RIM)
  6. Sistem Operasi Palm
  7. Sistem Operasi Android
  8. Sistem Operasi Bada


Sistem Operasi Symbian

Sistem Operasi Symbian yang didirikan sejak tahun 1998 dulunya digunakan oleh Nokia dan hingga saat ini telah digunakan oleh banyak Vendor Smartphone, Symbian telah mengalami perkembangan yang drastis dan hingga sekarang tetap menjadi nomor satu untuk OS kategori Smartphone. Versi OS Symbian ada banyak dari versi 6 hingga 9 tapi OS Symbian telah membuat sebuah kategori untuk pengelompokan OS menurut bentuk dan fungsinya daripada menurut versinya, hal ini dilakukan agar pengguna dan para developer tidak terlalu pusing dengan versi yang cukup bervariasi ini tapi cukup dengan mengerti tipe nya saja, contohnya adalah kelompok S60 (Series 60), S80, S90, dan Symbian UIQ. Symbian tidak menyebut produk elektronik yang menggunakan OS nya sebagai PDA atau PDA phone tapi selalu menggunakan sebutan sebuah nama ”Smartphone”.

Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor-vendor raksasa pada masa itu yakni Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion. Nokia sebagai pemegang saham terbesar dengan angka 47,9 persen. Banyak dari produk nokia ber-OS Symbian (termasuk ponsel saya, NOKIA 6120 Classic, OS Symbian S60 v9.0 3rd edition). Symbian dipandang lebih unggul karena:

1. Sistem operasi ini sejak awal dirancang khusus untuk ponsel. Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang diadopsi dari komputer.
2. Berkat fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a, dan WAP, Sistem operasi symbian ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya. terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java.
3. Symbian menyediakan suatu user interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga supaya para vendor bisa menvariasikan produk-produknya. Ada empat jenis UI yang beredar saat ini yaitu: Series 60 (misalnya Nokia N70, N91, Siemens SX1, Samsung D700, D710, Panasonic X700, X800); Series 80 (Nokia N9210, 9210i, 9300); Series 90 (Nokia 7700 dan 7710); UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A920, A925, A1000, A1010). Symbian MOAP (Mobile Oriented Applications Platform), contohnya adalah Mitsubishi D800iDS yang memiliki dual screen yang pengoperasiannya mirip dengan Nintendo DS yaitu 2 screen dan hanya screen bagian bawah yang memiliki fungsi touch screen.

Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbaru nya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah dan mempermudah para vendor handphone dan para
operator untuk mendapatkan servis dan fasilitas terbaik seperti mendukung WiFi, Firmware update secara online (FOTA), dukungan HSDPA, VoIP melalui IPSec, dukungan secara native untuk Push To Talk, dukungan Java JSR 248, Platform sekuriti yang lebih stabil dan lebih baik untuk memproteksi dari virus dan spam, dukungan untuk fasilitas graphic 3D yang lebih baik (vector floating point).


Sistem Operasi Windows Mobile.

Windows Mobile adalah sistem operasi yang kompak dikombinasikan dengan sederetan aplikasi dasar untuk ponsel berdasarkan Microsoft Win32 API. Perangkat yang menjalankan Windows Mobile termasuk Pocket PC, Smartphone, Portable Media Center, dan on-board komputer untuk beberapa mobile. Windows Mobile untuk Pocket PC ini membawa fitur-fitur standar dalam sebagian besar dari versi:

  1. Today Screen menunjukkan tanggal saat ini, pemilik informasi, janji mendatang, e-mail, dan tugas.
  2. Taskbar yang menunjukkan waktu saat ini dan volume.
  3. Office Mobile suite yang Mobile versi aplikasi Microsoft Office
  4. Outlook Mobile datang dengan Windows Mobile.
  5. Internet Explorer Mobile browser internet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Pocket PC dan Handheld PC yang dimuat secara default dengan Windows Mobile dan Windows CE untuk Handheld PC.
  6. Windows Media Player untuk Windows Mobile.
  7. Klien PPTP VPNs.

Sistem operasi Windows Mobile dimulai dari
• Pocket PC 2000
• Pocket PC 2002
• Windows Mobile 2003. Memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition
• Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE)
• Windows Mobile 5
• Windows Mobile 6, memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio. Contoh: Eten Glofiish X650 menggunakan Windows Mobile 6.0 Profesional

Windows Phone 7 (masih rumor) Microsoft menghilangkan kata mobile pada versi ini,rumornya akan diluncurkan pada akhir tahun 2010.OS terbaru ini diluncurkan untuk menyaingi Iphone dan RIM milik Blackbery.Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC. Contoh perangkat yang ber-OS Windows Mobile seperti Audiovox SMT 5600, iMate SP3i, Samsung SCH-i600, Mio 8390, Sagem myS-7, Orange SPV C500, HP iPAQ rw6100, Motorola MPx220, O2 Xphone, dan O2 Xphone II. PDA adalah Acer n30, ASUS My Pal A716, HP iPAQ h5555, dan Mio 558.


Sistem Operasi iPhone (MAC)

iPhone adalah telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail.Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan jaringan internet, untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya mengirim/menerima email, menjelajah web, dan lain-lain. Antarmuka dengan pengguna menggunakan layar sentuh multi-touch (atau bisa juga disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol.

Generasi pertamanya hanya mencapai EDGE, kedua dengan 3.6Mbps HSPDA, dan terakhir 7,2 Mbps HSPDA. Iphone saat ini telah mengeluarkan generasi penerus dari Iphone 3G yaitu Iphone 3Gs dalam bentuk dan design sama dgn Iphone 3G mereka tetapi kelebihan dari Iphone 3Gs ini seperti kamera yang telah 3mb pixel yang sebelumnya hanya 2 mb pixel,lalu beberapa applikasi tambahan seperti dapat merekam,adanya kompas.Dan Iphone saat ini telah berkembang dgn mengunakan versi 3.1,keistimewaan dari os 3.1 terbaru mereka adalah iphone yang telah di update dapat mengunakan mms,voice recording,dapat copy paste yang sebelumnya tidak dapat di gunakan.

Berikut Generasi dari Iphone :

  • iPhone generasi pertama, mulai dipasarkan pada 29 Juni 2007 di AS dengan harga US$499 untuk model 4GB dan US$599 untuk model 8GB (tetapi dengan syarat harus kontrak dengan AT&T selama 2 tahun).
  • Generasi kedua, yang bernama iPhone 3G (karena disertai dengan fitur 3G) diluncurkan di berbagai negara pada 11 Juli 2008 dengan harga US$199 untuk model 8GB dan US$299 untuk model 16GB (tetapi dengan syarat kontrak dengan AT&T selama 2 tahun).
  • Generasi ketiga atau iPhone 3GS, diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2009, dengan harga US$199 untuk model 16GB dan US$299 untuk model 32GB.
  • Generasi keempat,Pada tanggal 8 April 2010Apple memperkenalkan OS 4 untuk iPhone, iPod Touch, dan iPad. Apple mengungkapkan rencananya untuk melakukan update terbesar yang pernah ada untuk perangkat-perangkat tersebut pada OS 4 ini.
Selain itu, tentunya untuk mengkalibrasi, sync, dan backup database dari iPhone lebih mudah dilakukan dari sistem operasi Macintosh daripada windows. Dilengkapi dengan software yang sama, yakni iTunes dalam Mac OS dan iPhone, masalah copy meng copy lagu dan video hanya semudah drag-and-drop saja.itunes juga dapat di install di windows dan melakukan sync sampai backup database asalkan itunes sudah terinstall di os windows.


Sistem Operasi Mobile Linux.


Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003. Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valley-based Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems. Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google adalah Android. Platform software berbasis Linux diantaranya adalah MOTOMAGX dan Qtopia. MOTOMAGX merupakan platform Linux mobile dari Motorola. Produk pertama yang didasarkan pada platform ini adalah ponsel MOTOROKR Z6 dan MOTORAZR2 V8. Qtopia Phone Edition merupakan platform software dan antarmuka untuk Linux, yang dikembangkan oleh perusahaan Trolltech. Qtopia Greenphone, merupakan perangkat pengembangan Linux mobile yang ditujukan untuk berbagai aplikasi baru.

Kelemahannya adalah aplikasi tambahan yang belum banyak beredar, serta Linux dibangun untuk mengoprasikan sistem dengan tenaga besar, sehingga manajemen sumber daya baterai masih kalah efektif dibandingkan OS lainnya.

Kelebihannya adalah Linux sebagai OS yang ideal bagi ponsel karena dukungan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Oracle, dan Intel. Selain itu, sistem ini nilai lebih fleksibel dan menawarkan memori yang lebih kecil serta bisa lebih dihemat.


Sistem Operasi Blackberry (RIM)
Perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM), mengembangkan perangkat komunikasi bergerak. Awalnya produk mereka adalah memproduksi dan layanan penyeranta (Pager) dua arah, namun dalam perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan pearangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI. RIM sebagai developer untuk sistem operasi blackberry telah mengeluarkan sistem operasi baru dengan salah satu aplikasi yang tertanam didalamnya adalah Document to Go versi trial buatan DataViz, suatu aplikasi yang memiliki fungsi office seperti Word to Go, Presenter to Go yang otomatis memiliki Sheet to Go sebagai aplikasi Spreadsheet.
wlo mungkin sebenarnya saya paling benci ma ponsel satu ini,krn sy menganggap ponsel satu ini ya begitu2 aja.minim multimedia tapi paling laris di indonesia.trnyata sy tw knp laris,krn org indonesia bnyak mmpunyai sifat latah dan kebarat-baratan..tp gtw klo HP itu gitu2 aja.klo mungkin ada yang blang bwt massege gratis..lngsung aja comment dibawah.hehe..jd menghina deh(knyataan kok)tp gak papa,ini aq postingin sejarah RIM.Langsung aja ya..

1984 – Pada tahun 1984 RIM (Research In Motion) didirikan oleh Mike Lazaridis, hingga sekarang menjabat sebagai president dan Co-CEO bersama dengan Douglas Fregin sebagai Vice President of Operations. Mereka membangung RIM untuk tujuan bisnis konsultasi barang elektronik dan ilmu computer.

1988 – RIM menjadi developer kedua di dunia dalam mengembangkan produk untuk Mobitex Wireless Network. Inilah awal jaringan RIM Pager BlackBerry mulai bekerja.

1990 – RIM mulai memasuki pasaran dengan memperkenalkan DigiSync Film KeyKode Reader, Digital Footage, Frame, dan kalkulator waktu yang akan ternama di kalangan editor dan pemotong negatifHollywood. RIM mengubah waktu editing dari 2 jam menjadi 20 menit.

1998 – RIM mulai memperkenakan RIM 950 Wireless Handheld. Komputer handheld ini kemudian disebut sebagai BlackBerry. Perangkat ini menawarkan enam baris tampilan, bisa digunakan untuk email dasar, paging dua arah, browsing halaman yang telah diformat dengan konten berita, cuaca, bursa saham, informasi wisata.

2000 – RIM mengenalkan RIM 857/957 Wireless Handheld dan mengumumkan pembangunan jaringan untuk Java. Selain itu BlackBerry 5790 juga dirilis sekitar tahun ini, Handheld ini memiliki memory 16Mb flash memory.

2001 – Pada tahun 2001 RIM mensupport untuk Lotus Notes and Domino dalam BlackBerry Enterprise Server. Pada tahun ini pula RIM memulai debut handheld berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME) OS.

2002 – Tahun 2002 adalah tahun yang penting bagi RIM. Di tahun ini RIM merilis beberapa device yang cukup mempengaruhi perkembangan ponsel di dunia.
1. BlackBerry 5810. Ini adalah seri pertama BlackBerry dengan fitur GSM/GPRS radio. Device
pertama di dunia dengan GSM/GPRS radio.
2. BlackBerry 6510. Dibekali dengan fitur walkie-talkie.
3. BlackBerry 6750. Device pertama BlackBerry untuk pengguna CDMA20001X Wireless
Network.
4. BlackBerry 6710 dan BlackBerry 6720 dengan fitur integrated speaker/microphone serta
kemampuan international roaming pada GSM/GPRS.

2003 – Dirilisnya device GSM BlackBerry 6210, BlackBerry 6220 > BlackBerry 6230 (Masih berlayar Monokrom). Lalu kemudian hadir 3 seri lagi dengan layar warna yaitu BlackBerry 7230, BlackBerry 7210 dan BlackBerry 7280. BlackBerry 7730 juga dirilis pada tahun 2003 dengan layar warna yang besar dan merupakan device pertama RIM dengan Tri Band GSM.

2004 – RIM berusia 20 tahun. Saat ini pengguna RIM telah mencapai 2 juta di seluruh dunia. Pada tahun ini pula RIM merilis BlackBerry 7510 > 7520 yang merupakan device BlackBerry pertama dengan fungsi GPS dan juga merupakan BlackBerry pertama dengan speakerphone yang mensupport Nextel's Walkie-Talkie.

2005 – Pada 2005 pengguna RIM telah mencapai 4 juta di seluruh dunia. 2 kali lipat dari tahun sebelumnya. Ini adalah tahun untuk BlackBerry 8700 dengan layar warna, themes, Bluetooth, Quad-band support, dll. Pada akhir tahun ini juga RIM mengenalkan BlackBerry 7130, BlackBerry berlayar warna pertama untuk device CDMA BlackBerry.

2006 – RIM kian menjadi partner bisnis dengan merilis BlackBerry Enterprise Server Express yang dapat diunduh gratis.

8 April 2008 – FBI dibekali dengan BlackBerry 8830 World Edition sebanyak 19,500 unit

12 Mei 2008 – Smartphone BlackBerry yang sebelumnya identik dengan dunia usaha mulai merambah ke entertainment dengan hadir nya BlackBerry Bold. Model yang lebih modis dengan resolusi layar tinggi sehingga membuat gambar yang ditampilkannya terlihat utuh. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara yang jernih jika digunakan untuk memutar music.

10 September 2008 – Hadir BlackBerry dengan desain Flip. BlackBerry Pearl Flip.

8 Oktober 2008 – RIM mulai merilis BlackBerry berteknologi layar sentuh yang inovatif dengan nama BlackBerry Storm. Verizon dan Vodafone memamerkan BlackBerry Storm sebagai Smartphone pertama di dunia dengan layar sentuh yang clickable (layar sentuh yang bisa di click karena pegas kecil yang ditanamkan dibawah layar). Teknologi layar sentuh ini disebut SurePress. Karena inovasi pada Touchscreen nya ini maka BlackBerry Storm meraih penghargaan Best Mobile Technology Breakthrough pada GSMA 14th Annual Global Mobile Awards.

1 April 2009 – Mulai dibuka toko online BlackBerry App World, tempat para pengguna BlackBerry mengunduh program.

Sumber dari http://kask.us/4744274 oleh volte


Sistem Operasi Palm

Palm, Inc merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Sunnyvale,California,Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992. Menghasilkan berbagai macam produk perangkat komputer.Dirancang pada tahun 1996 untuk Palm Computing, telah banyak diimplementasikan pada beragam perangkat mobile, termasuk smartphone, arloji, game konsol,pembaca barcode dan perangkat GPS.

Contoh produk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.

Berikut produk dari Palm, Inc :

* Z22 (Palm OS)
* Tungsten E2 (Palm OS)
* TX (WiFi, Palm OS)
* Treo 680 (GSM, Palm OS)
* Treo 700p (CDMA, Palm OS)
* Treo 700w (CDMA, Windows Mobile)
* Treo 700wx (CDMA, Windows Mobile)
* Treo 750 (GSM, Windows Mobile)
* Treo 755p (CDMA , Palm OS)
* Treo 800w (CDMA, Windows Mobile)
* Palm Centro (GSM/CDMA, Palm OS)

Sistem Operasi Android


Android dengan logo uniknya yaitu “Robot Ijo” sebetulnya sudah ada sejak lama, Android adalah Operating System (OS), untuk perangkat mobile (pada Smartphone dan Netbook). OS ini sebenarnya menggunakan Kernel Linux (open source) dan kemudian dikembangkan oleh Google diteruskan oleh Open Handset Alliance. Android diluncurkan pada tanggal 5 Nopember 2007 dengan didukung oleh konsorsium 65 perusahaan hardware, software, dan telekomunikasi. Ada banyak nama besar yang MDers kenali dalam konsorsium, seperti HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, Synaptics, T-Mobile, Nvidia, Garmin, AsusTek, Vodafone, dan (tentu saja) Google sendiri. Sedang untuk perusahaan distributor, terdapat dua jenis sistem operasi Android ini, yaitu yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS), dan yang benar–benar bebas distribusinya – tanpa dukungan langsung Google atau Open Handset Distribution (OHD) .Tujuannya membentuk sebuah standar OS GRATIS dalam dunia perangkat mobile.

Di dunia pun telah banyak bermunculan handset-handset yang berbasis Android OS, seperti HTC G2 Touch, HTC Magic, Motorola X-Droid, Samsung Galaxy, Motorola Charm serta Google Nexus One. Meski tiap merk memiliki fitur berbeda, namun penggunaan Android OS memungkinkan pengguna tidak mengalami kesulitan jika berganti handset, berkat tampilan Android OS yang sederhana dan telah terstandarisasi.


Kini Android OS sudah mulai menyaingi popularitas BlackBerry OS dan iOS. Hal ini karena Android OS menawarkan banyak aplikasi gratis, dan aplikasi berbayar yang tidak terlampau mahal. Lihat saja bandrol BlackBerry OS yang tercatat paling tinggi di antara aplikasi lainnya.

Selain itu, Android OS siap berkolaborasi pemakaian dengan 57 persen aplikasi gratis yang diperuntukkan bagi Android. Berbeda jauh dengan BlackBerry OS yang hanya menyediakan aplikasi gratis sekitar 24 persen, dan iPhone yang hanya 25% dari total aplikasi.

berikut adalah fitur yang ada dalam Android :

Handset layout Platform disesuaikan dengan lebih besar, VGA, grafik 2D perpustakaan, grafis 3D perpustakaan berdasarkan OpenGL ES 1,0 spesifikasi, dan tata letak smartphone tradisional.

Storage (Penyimpanan) Software database SQLite digunakan untuk tujuan penyimpanan data

Connectivity (Konektivitas) Android mendukung teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi.

Messaging (Pesan) SMS dan MMS tersedia bentuk threaded pesan termasuk pesan teks.

Web browser (Web browser) Browser web yang tersedia di Android didasarkan pada open source WebKit kerangka aplikasi.

Java support (Dukungan java) Perangkat lunak yang ditulis di Jawa dapat dikompilasi akan dieksekusi dalam Dalvik mesin virtual, yang merupakan implementasi VM yang dirancang khusus untuk perangkat mobile digunakan, meskipun tidak secara teknis standar Java Virtual Machine.

Media support (Dukungan media) Android berikut mendukung audio / video / masih format media: H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau kontainer 3GP), MP3, MIDI, OGG Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.

Additional hardware support (Dukungan hardware tambahan) Android dapat menggunakan video / still camera, touchscreens, GPS, pengukur kecepatan, magnetometer, akselerasi 2D bitblits (dengan hardware orientasi, scaling, konversi format piksel) dan mempercepat grafis 3D.

Development environment (Lingkungan pengembangan) Termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, memori dan kinerja profil, sebuah plugin untuk Eclipse IDE.

Market (Pasar) Mirip dengan App Store pada iPhone OS, yang Android Pasar adalah sebuah katalog aplikasi yang dapat didownload dan diinstal untuk menargetkan hardware over-the-air, tanpa menggunakan PC. Awalnya hanya freeware aplikasi yang didukung. Paid-untuk aplikasi telah tersedia di Pasar Android di Amerika Serikat sejak 19 Februari 2009.

Multi-touch Android memiliki dukungan asli untuk multi-touch tapi fitur dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari Apple melanggar paten pada teknologi layar sentuh). Model tidak resmi telah dikembangkan yang memungkinkan multi-touch, tetapi membutuhkan superuser akses ke perangkat berkedip kernel yang unsigned.

Os Android udah ada beberapa versi,setiap versi mempunyai nama yang unik.Berikut urutan versi yang udah kluar dari android :

  • Android 1.5 (Cupcake) :
  • Android 1.6 (Donut) :
  • Android 2.1 (Eclair) :
  • Android 2.2 (Froyo):
  • Android 3.0 (Gingerbread)- blm diluncurkan :
  • Android 3.1/3.2 (Honeycomb)- masih rumor :


Sistem Operasi Bada


Bada adalah OS terbaru besutan Samsung, Arti Bada sendiri berasal dari bahasa Korea yang berarti Samudra Dalam. Os Bada ini diumumkan ke khalayak sich kayaknya sekitar November 2009. Nach Samsung Wave adalah Smartphone pertama yang menggunakan OS Bada. Mungkin saja pihak Samsung ingin membuktikan kepada para pesaingnya terutama OS yang sudah populer seperti Android ataupun Symbian, bahwa OS Bada akan membawa perubahan besar dalam meraih pangsa pasar dikemudian hari. Ini pendapat saya saja lho.

Samsung diketahui juga mengakomodir OS lain macam Android dan Windows Mobile. Namun jika ditanya fokusnya di masa depan, Samsung jelas bakal lebih memprioritaskan Bada.

Bada dalam Samsung Wave menggunakan sistem TouchWis 3.0 pada layar sentuhnya. Samsung Wave telah dilengkapi dengan layar sentuh dengan resolusi 800×480 pixel. Berita hebohnya ternyata Samsung Wave merupakan ponsel pertama yang telah mendapatkan sertivikasi DivX untuk memutar ulang konten HD 720p. Dalam Samsung Wave Kamera yang dibenamkan adalah 5MP.



Itulah sebagian besar Operating system, yang digunakan beberapa vendor ponsel besar maupun kecil didunia. Selain itu smua sebenarnya masih ada beberapa Operating sistem, diantaranya Java,brew dan ada juga Operating sistem baru yang akan muncul. ada desas-desus bahwa nokia akan mengembangkan sebuah OS baru yaitu MeeGo, konon Meego dikabarkan akan menggantikan OS symbian milik nokia yang selama ini digunakan dalam banyak ponsel Nokia.

MeeGo sendiri adalah gabungan antara 2 vendor besar yaitu Nokia (Maemo yg msih berbasis LinuX) dengan Intel, Yang paling menarik dari itu semua adalah, terintegrasinya MeeGo dengan toko aplikasi pihak ketiga yang kini tengah dipersiapkan oleh Intel.karena kabarnya,Meego merupakan sistem Operasi terbuka untuk ponsel cerdas ini.Mendapat dukungan penuh dari LinuX Foundation. Tidak hanya itu, perusahaan lainnya seperti EA Mobile, BMW Group, Acer, Novell, Asus, dan banyak lagi...juga turut ambil bagian.

Ya...begitulah perkembangan saat ini sangatlah cepat, teknologi baru selalu saja ditemukan. Dari semua Operating System yang ada itu, mari kita tunggu perkembangan apalagi yang akan tercipta...mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan tentang Operation sistem, semoga teman2 bisa lebih terbuka lagi tentang perkembangan teknologi ponsel.bila ada salah kata ato posting, mohon dimaklumin...cz NewBie dalam dunia bloger...hehehe :) Thx's.GBU




No comments:

Post a Comment